Tutorial Smoothing Rambut Virgin

Tutorial Smoothing Rambut Virgin

Halo teman-teman! Kali ini, kita akan belajar cara melakukan smoothing pada rambut virgin atau rambut yang belum pernah di-smoothing sebelumnya. 

Teknik yang juga biasa disebut sebagai smoothing basic, sangat berguna untuk mengubah rambut keriting ikal menjadi lebih halus, berkilau dan lurus natural.


Kakak Wahidah, klien kita memiliki rambut keriting ikal, yang belum pernah di-smoothing sebelumnya dan perlu pencucian awal menggunakan shampo untuk membersihkan dari sisa-sisa residu dan membuka kutikula rambut agar cream smoothing step 1 dapat bekerja dengan maksimal. 

Berikutnya, keringkan rambut dengan handuk atau hair dryer bersuhu dingin hingga sekitar 80% kering.

Lalu, bagi rambut menjadi 3 bagian untuk memudahkan proses aplikasi cream step 1. 

Mulailah mengaplikasikan cream step 1 secara merata dari 1 sentimeter dari akar hingga ke ujung rambut, selapis demi selapis. Bisa dengan menggunakan tangan atau kuas.

Biarkan cream step 1 meresap selama 30 hingga 40 menit. Sambil menunggu, kita bisa melakukan cek visual dan mendiagnosa elastisitas atau kelembutan rambut.

Setelah rambut elastis, kita dapat melanjutkan proses smoothing dengan menggunakan teknik dua jari untuk menjepit dan meluruskan rambut, selapis demi selapis. Setelah selesai, diamkan rambut selama 15 menit.

Selanjutnya, kembali cuci rambut tanpa menggunakan shampo dan conditioner. 

Keringkan rambut dengan hair dryer hingga benar-benar kering. Semprotkan juga vitamin pelindung panas sebelum melanjutkan ke proses pencatokan.

Bagi rambut menjadi 3 bagian lagi dan lakukan pencatokan dengan suhu 180°C, mengikuti bentuk dan arah pertumbuhan rambut. Lakukan ini selapis demi selapis hingga rambut menjadi licin dan berkilau.

Setelah pencatokan selesai, aplikasikan krim Neutralizer step 2. Aplikasikan selapis demi selapis secara merata untuk mengunci hasil smoothing dan menormalkan pH rambut. 

Setelah merata, Biarkan selama 15 menit untuk meresapkan krim step 2 ke dalam rambut.

Langkah selanjutnya adalah mencuci rambut hingga bersih dengan menggunakan conditioner untuk menutup kutikula rambut kembali dan memberikan kelembutan. Keringkan rambut dengan hair dryer sampai benar-benar kering.

Terakhir, kita akan melakukan pencatokan finishing dan memberikan vitamin rambut sebagai tambahan servis kepada klien. Dengan demikian, proses smoothing rambut virgin telah selesai dan rambut Wahidah akan terlihat lebih halus dan indah.

Hasil akhir: Lembut, lurus, dan berkilau alami

Itulah langkah-langkah untuk melakukan smoothing pada rambut virgin. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi besties yang ingin belajar cara smoothing rambut virgin. 😊

0 comments

TOP